Septic Tank Konvensional Biotech, Bagaimana Cara Kerjanya?

Septic tank menjadi salah satu sarana yang harus dimiliki setiap hunian. Septic tank berfungsi sebagai tempat pembuangan limbah manusia khususnya tinja. Dahulu masyarakat membuat septic tank secara konvesional.

Namun dalam pemanfaatannya, penggunaan septic tank konvensional sering terjadi masalah. Pemasangan septic tank sering kali tidak sesuai dengan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah), sehingga dapat mencemari lingkungan. Seain itu, septic tank konvensional juga sering mengalami mampet, sering penuh, dan meimbulkan bau.

Namun, permasalah septic tank konvensional dapat diatasi dengan hadirnya septic tank biotech. Septic tank modern yang memiliki banyak keunggulan dan manfaat dalam program sanitasi. Septic tank bio menggunakan serat fiber sebagai bahan utama sehingga lebih tahan lama. Selain itu dalam pemasangan septic tank bio lebih mudah dan prakti dibandingan septic yang dibuat dari beton.

Sebenarnya sistem bio tech hampir sama dengan septic tank konvesional. Hanya saja terdapat beberapa perbedaan seperti berikut:

  • Menggunakan serat fiber sebagai bahan utama
  • Terdapat lubang isian untuk bakteri konsentrat
  • Sistem pembagian sekat lebih sempurna
  • Memiliki sistem standar IPAL yang sudah teruji dan tersandarisasi.

Setelah mengetahui beberapa hal tentang septi tank bio, mungkin diantara kalian bertanya-tanya bagaimana cara kerja septic tank ini? Mengapa memiliki kualitas yang lebih unggul dari septic tank konvensional? Supaya kalian lebih yakin menggunakan septic tank bio, yuk kita cari tahu bagaimana cara kerja septic tank bio.

Cara Kerja Septic Tank Bio

  1. Limbah kotoran rumah tangga seperti tinja akan masuk kedalam septic tank bio, kemudian akan dihancurkan oleh media penghancur  menjadi senyawa yang lebih kecil (media yang digunakan bisa menggunakan tipe sarang tawon atau menggunakan susunan bata).
  2. Setelah itu, limbah tinja yang masuk  akan diuraikan oleh bakteri pengurai, dimana bakteri pengurai tadi akan bertugas merubah limbah kotoran seperti tinja menjadi cairan.
  3. Kemudian, limbah cair yang dihasilkan akan difilter oleh bio filter menjadi cairan yang aman dan tidak mencemari tanah ketika dibuang.

Diatas merupakan cara kerja septic tank bio. Sangat ramah lingkungan bukan? Yuk segera ganti septic tank mu dengan septic tank bio yang lebih aman untuk lingkungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *